Minggu, 17 Februari 2013

MAKALAH TENTANG FUTSAL



Halo Sobat, kali ini saya akan mengepost lagi hasil karya dari murid saya, sekaligus sebagai tugas untuk mereka. agar lebih mengenal dunia teknologi. kali ini murid saya yang mengumpulkan tugas ini adalah dari kelompok yang berasal dari kelas XI PJ 2 SMKN 1 Surabaya. ta.2011 -2014.
Atau anda juga bisa mendownload file PDFnya di Mediafire
Link


Nama kelompok :
1.    Trisna Hatini                          (29)
2.    Tutuk Indrawati                     (30)
3.    Veranica Efendi                      (31)
4.    Vita Oktaviana Mustari         (32)
5.    Vivin Wulan N.                       (33)
6.    Yere Kurniawan                     (34)
7.    Yunita Tri Andini                    (35)
8.    Zuni eka rahmawati              (36)

FUTSAL

sejarah futsal

Futsal diciptakan di Montevideo, Uruguay pada tahun 1930, oleh Juan Carlos Ceriani. Keunikan futsal mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutamanya di Brasil. Ketrampilan yang dikembangkan dalam permainan ini dapat dilihat dalam gaya terkenal dunia yang diperlihatkan pemain-pemain Brasil di luar ruangan, pada lapangan berukuran biasa. Pele, bintang terkenal Brasil, contohnya, mengembangkan bakatnya di futsal. Sementara Brasil terus
menjadi pusat futsal dunia, permainan ini sekarang dimainkan di bawah perlindungan Fédération Internationale de Football Association di seluruh dunia, dari Eropa hingga Amerika Tengah dan Amerika Utaraserta Afrika, Asia, dan Oseania.
Pertandingan internasional pertama diadakan pada tahun 1965, Paraguay menjuarai Piala Amerika Selatan pertama. Enam perebutan Piala Amerika Selatan berikutnya diselenggarakan hingga tahun 1979, dan semua gelaran juara disapu habis Brasil. Brasil meneruskan dominasinya dengan meraih Piala Pan Amerika pertama tahun 1980 dan memenangkannya lagi pada perebutan berikutnya tahun pd 1984.
Kejuaraan Dunia Futsal pertama diadakan atas bantuan FIFUSA (sebelum anggota-anggotanya bergabung dengan FIFA pada tahun 1989) di Sao Paulo, Brasil, tahun 1982, berakhir dengan Brasil di posisi pertama. Brasil mengulangi kemenangannya di Kejuaraan Dunia kedua tahun 1985 di Spanyol, tetapi menderita kekalahan dari Paraguay dalam Kejuaraan Dunia ketiga tahun 1988 di Australia.
Pertandingan futsal internasional pertama diadakan di AS pada Desember 1985, di Universitas Negeri Sonoma di Rohnert Park, California. Futsal The Rule of The Game
sumber

 

 

 

 

 

Asal Sejarah Futsal

 

Futsal adalah singkatan dari futbol (sepak bola) dan sala (ruangan) dari bahasa Spanyol atau futebol (Portugal/Brasil) dan salon (Prancis). Olahraga ini membentuk seorang pemain agar selalu siap menerima dan mengumpan bola dengan cepat dalam tekanan pemain lawan. Dengan ukuran lapangan yang relatif sempit, permainan ini menuntut teknik penguasaan bola yang tinggi, kekompakan tim, dan kerja sama antarpemain.
Asal awalnya futsal muncul pada era tahun 1930-an di Montevideo, Uruguay, dan diperkenalkan oleh seorang pelatih sepak bola bernama Juan Carlos Ceriani. Awalnya, yang hanya ingin memindahkan latihan ke dalam ruangan karena kecewa atas kondisi lapangan yang licin setelah di guyur hujan. Ternyata, latihan di dalam ruangan ini sangat efektif dan Dia lantas mencetuskan permainan sepak bola ruangan dengan lima lawan lima pemain.
Dengan asumsi untuk meningkatkan keterampilan dalam bermain sepak bola, futsal berkembang pesat di Brasil dan terus menyebar keseluruh dunia. Bahkan menembus ke daratan Benua Eropa, Amerika Serikat, Afrika, Asia, dan Oseania.
Kompetisi internasional futsal di gelar kali pertamanya pada tahun 1965.Dan kejutan terjadi dimana Paraguay sukses menjadi juara piala Amerika Serikat, berikutnya sampai tahun 1979, Brasil mendominasi dan meraih enam trofi juara berturut-turut sampai piala Pan Amerika untuk kali pertama di tahun 1980 dan 1984.
Kejuaraan futsal dunia pertama kali diprakarsai Federasi Futsal AS (FIFUSA) pada 1982 di Sao Paolo, Brasil. Tuan rumah Brasil tampil sebagai juara.Dan event tiga tahunan ini juga di gelar di Eropa, yakni di Spanyol tahun 1985. Kembali Brasil menjadi juara, tetapi dikandaskan Paraguay pada event berikutnya di Australia tahun 1988.
Langkah ke FIFA
Kompetisi futsal semakin terorganisir dan merata di seluruh dunia. Pada 1989, FIFA secara resmi mengakui futsal sebagai bagian cabang sepak bola. FIFA langsung mengambil alih penyelenggaraan kejuaraan dunia futsal. Dua edisi Piala Dunia Futsal FIFA yang digelar tiga tahunan terlaksana dengan baik di Belanda pada tahun 1989 dan Hongkong pada 1992, dan Brasil tampil sebagai juara.
Dengan pertimbangan waktu, FIFA mengubah event futsal ini menjadi empat tahunan. Dan Spanyol dipercaya untuk menjadi tuan rumah pada tahun 1996, dan trofi juara disabet kembali oleh Brasil. Namun, Spanyol menggusur dominasi Brasil dengan memenanginya dua kali berturut-turut di Guatemala (2000) dan Taiwan (2004).
  Olahraga Futsal adalah olahraga sepakbola dalam ruangan dengan kompetensi kemampuan teknik tinggi, dengan pemain sedikit waktu bermain cepat dan kesempatan mencetak skor lebih besar. Futsal juga diciptakan sebagai alternatif dari sepakbola lapangan rumput yang tidak bisa dilaksanakan lantaran pengaruh salju di EROPA saat musim dingin.
            Sebelum berkembang menjadi cabang olahraga yang kedudukannya sejajar dengan lapangan rumput, Futsal juga ditekuni sebagai sarana pengarahan dan pembentukan para pemain muda yang ingin berkarir dalam sepakbola rumput, serta dilakukan untuk menjaga dan melatih kemampuan fisik secara umum dan teknik secara khusus.
            Futsal adalah olahraga yang dinamis, dimana para pemainnya dituntut untuk selalu bergerak dan dibutuhkan keterampilan teknik yang baik serta mempunyai determinasi yang tinggi. Dilihat dari segi teknik keterampilan Futsal hampir sama dengan lapangan rumput, hanya perbedaan yang paling mendasar dalam Futsal banyak mengontrol atau menahan bola dengan menggunakan telapak kaki (sole), karena permukaan lapangan yang keras para pemain harus menahan bola tidak boleh jauh dari kaki, karena apabila jauh dari kaki dengan ukuran lapangan yang kecil pemain lawan akan mudah merebut bola.
            Berikut ini dijelaskan gerakan keterampilan teknik dasar Futsal yang sering digunakan dalam situasi permainan:







a.   Teknik Dasar Mengumpan (Passing)
Passing adalah merupakan salah satu teknik dasar permainan Futsal yang sangat dibutuhkan oleh setiap pemain, karena dengan lapangan yang rata dan ukuran lapangan yang kecil dibutuhkan passing yang keras dan akurat karena bola yang meluncur sejajar dengan tumit pemain, sebab hampir sepanjang permainan Futsal menggunakan passing. Untuk menguasai keterampilan passing diperlukan penguasaan gerakan sehingga sasaran yang diiginkan tercapai. Dalam melakukan passing:

1.    Tempatkan kaki tumpu disamping bola, bukan kaki yang melakukan passing.
2.    Gunakan kaki bagian dalam untuk melakukan Passing.
3.    Kunci atau kuatkan tumit agar saat sentuhan dengan bola lebih kuat.
4.    Kaki dalam dari atas di arahkan ke tengah bola (jantung) dan di tekan ke bawah agar bola tidak melambung.
5.    Diteruskan dengan gerakan lanjutan, dimana setelah sentuhan dengan bola dalam melakukan passing ayunan kaki jangan dihentikan.



b.   Teknik Dasar Menahan Bola (Control)
Dalam keterampilan control (menahan bola) dalam Futsal harus menggunakan telapak kaki (sole). Karena dengan permukaan lapangan yang rata maka bola akan bergulir cepat sehingga para pemain harus dapat mengontrol dengan baik, apabila menahan bola jauh dari kaki maka lawan akan mudah merebut bola. Yang harus dilakukan pada saat menahan bola yaitu:

1.    Selalu lihat datangnya bola.
2.    Jaga keseimbangan pada saat datangnya bola.
3.    Sentuh atau tahan dengan menggunakan telapak kaki (sole), agar bolanya diam tidak bergerak dan mudah dikuasai.



c.   Teknik Dasar Mengumpan Lambung (Chipping)
Keterampilan chipping ini sering dilakukan dalam permainan Futsal untuk mengumpan bola dibelakang lawan atau dalam situasi lawan bertahan satu lawan satu. Teknik ini hampir sama dengan teknik passing, perbedaannya terletak pada saat chipping menggunakan bagian atas ujung sepatu dan perkenaannya tepat dibawah bola.

d.   Teknik Dasar Menggiring Bola (Dribbling)
Teknik dribbling merupakan keterampilan penting dan mutlak yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Dribbling merupakan kemampuan dimana setiap pemain dalam menguasai bola sebelum diberikan kepada temannya untuk menciptakan peluang dalam mencetak gol, yang perlu diketahui dalam teknikdribbling yaitu:

1.    Kuasai bola serta menjaga jarak dengan lawan.
2.    Jaga keseimbangan badan pada saat dribbling.
3.    Sentuhan bola harus menggunakan telapak kaki secara berkesinambungan.
4.    Fokuskan pandangan setiap kali sentuhan dengan bola.

eTeknik Dasar Menembak (Shooting)
            Shooting merupakan teknik dasar yang harus dikuasai oleh setiap pemain, teknik ini merupakan cara untuk menciptakan skor. karena seluruh pemain Futsal dapat kesempatan untuk menciptakan gol dan memenangkan pertandingan atau permainan. Shooting dapat dibagi menjadi dua teknik yaitushooting punggung kaki dan ujung sepatu atau ujung kaki. Teknik menggunakan punggung kaki antara lain:

1.    Tempatkan kaki tumpu disamping bola dengan jari – jari kaki lurus menghadap arah gawang, bukan kaki yang untuk menendang.
2.    Gunakan bagian punggung kaki untuk melakukan shooting.
3.    Konsentrasikan pandangan kearah bola tepat ditengah – tengah bola pada saat punggung kaki menyentuh bola.
4.    Kunci atau kuatkan tumit agar saat sentuhan dengan bola lebih kuat.
5.    Posisi badan agak dicondongkan kedepan, apabila badan tidak dicondongkan maka kemungkinan besar perkenaan bola dibagian bawah dan akan melambung tinggi.
6.    Diteruskan dengan gerakan lanjutan, dimana setelah sentuhan dengan bola dalam melakukan shooting ayunan kaki jangan dihentikan.

Teknik shooting dengan menggunakan ujung sepatu atau ujung kaki sama halnya dengan shooting menggunakan punggung kaki, hanya bedanya pada saat melakukan shooting perkenaan kaki tepat diujung sepatu atau ujung kaki.
Dari kelima aspek keterampilan teknik dasar Futsal telah dikuasai, maka pemain dapat melaksanakan atau bermain Futsal secara baik. Kemudian diberikan contoh – contoh latihan teknik dasar Futsal sebagai berikut:



LATIHAN PASSING DAN CONTROL PASIF


CARA MELAKUKAN

•        Posisi berdiri menghadap kawan, dengan bola dihadapan anda dan
       posisi lurus menghadap lurus kedepan.
•      Letakkan kaki tumpu disamping bola untuk menahan keseimbangan
       (yang tidak digunakan untuk menendang).
•      Tempatkan kaki yang akan menendang dengan posisi menyamping
       dan kaki bagian dalam tetap berada di sampng bola serta jari kaki anda
       ke atas menjauh dari garis tengah tubuh anda.
•     Tendang bagian tengah bola dengan bagian kaki bagian dalam anda.
•     Pastikan kaki tetap lurus pada gerak lanjutan dari tendangan tersebut.
•     Setelah bola bergulir, kawan anda menerima bola harus dengan
      menggunakan telapak kaki (sole).
•     Lakukan gerakan yang sama saat mengumpan atau menerima bola
       sama seperti urutan di atas secara berulang-ulang.


LATIHAN PASSING KOMBINASI 5 PEMAIN

CARA PELAKSANAAN

•         X1 berdiri menghadap X2 yang akan menerima bola dengan  
          dihadapan X1 terdapat satu buah bola.
•         Setelah itu X1 berlari ke arah jalannya bola.
•         X2 siap menerima bola dengan menggunakan telapak kaki (sole).
•         Lalu arahkan bola itu dengan telapak kaki ke sebelah kiri tepat
          menghadap X3.
•         Posisi X3 berdiri akan digantikan oleh X2.
•         Lanjutkan gerakan yang sama seperti gerakan sebelumnya.
•         Lakukan gerakan yang sama secara berulang-ulang sampai pemain
           ke lima melakukan gerakan yang sama.



CARA PELAKSANAAN

•         X1 menghadap kawan yang berada disebelah kanan (X2)
•         Gerakan awal X1 menendang bola ke X2 kemudian X1 berlari ke
           arah serong kiri yang berbentuk segitiga, dan siap menggantikan
           posisi X3 yang berada di sebelah depan tetapi bukan menerima bola.
•         Setelah X1 berlari, maka X3 berlari menggantikan posisi X1.
•         Lalu pada saat X2 menerima bola X1, X2 menendang bola ke X3
          yang telah menggantikan posisi X1.
•         Setelah X2 menendang bola, berlari ke arah serong kanan
           menggantikan posisi X4.
•         X4 berlari menggantikan posisi X2.
•         Gerakan ini dilakukan secara berulang-ulang dan bergantian
LATIHAN CHIPPING


CARA PELAKSANAAN

Teknik dan gerakan Chipping ini sama dengan gerakan latihan passing dan kontrol pasif (gambar 1).  Hanya bedanya pada saat kontak dengan bola menggunakan kaki bagian atas ujung sepatu agar bolanya dapat bergerak diatas kepala kawan anda. Usahakan agar bola jatuh tepat disasaran.

LATIHAN DRIBBLING

CARA PELAKSANAAN

•   Gunakan telapak kaki (sole) untuk melakukan dribbling ke arah
     kawan anda di depan.
•   Lalu kawan anda melakukan dribbling yang sama dan siap menggantikan posisi kawan anda.
•   Lakukan secara berulang-ulang dan bergantian.
•   Pada saat dribbling harus terus mengontrol bola dengan tepat, tidak boleh jauh dari kaki dan harus menggunakan telapak kaki (sole).










CARA PELAKSANAAN

•    X1 berdiri menghadap X2 yang sedang membelakangi gawang.
•    X1 menendang bola tepat ke arah X2.
•    Selanjutnya X2 akan memantulkan bola ke arah kanan dan kiri.
•    Setelah menendang bola X1, berlari cepat ke arah bola yang dipantulkan X2.
•    Lalu shooting (tendang) bola itu dengan kaki bagian punggung sekeras-kerasnya.
•   Setelah melakukan kembali ke posisi semula



SHOOTING PUNGGUNG KAKI

CARA PELAKSANAAN

•   Buat 2 kelompok, sisi kiri dan kanan lapangan tengah.
•   Setiap kelompok ada satu orang yang posisinya berdiri di sisi lapangan dan membelakangi gawang dengan jarak 6 meter dari garis samping gawang.
•   Pemain yang sudah membentuk kelompok melakukan passing kearah kawan yang posisinya membelakangi gawang.
•   Pemain yang membelakangi gawang, siap menerima bola lalu memantulkan ke arah dan kanan.
•   Setelah passing lari dengan kecepatan menuju ke arah bola dan langsung melakukan shooting dengan punggung kaki ke arah gawang.
•   Setelah melakukan shooting pemain kembali ke posisi semula.






SHOOTING UJUNG KAKI


CARA PELAKSANAAN

•   X1 berdiri dengan bola berada di depan kaki dan posisi badan menghadap X2 yang membelakangi gawang.
•   X1 passing ke arah tepat di kaki X2.
•   Setelah passing X1 berlari dengan kecepatan ke arah bola berjalan.
•   Lalu X2 memantulkan yang telah diberikan X1.
•   Kemudian X1 menerima bola dan menggiring bola dengan satu sentuhan.
•   Lalu shooting ke arah gawang menggunkan ujung sepatu.
•   Diusahakan perkenaan ujung sepatu tepat di tengah-tengah bola pada saat melakukan shooting.

 



 








Aturan permainan futsal

Waktu Pertandingan
PERIODE pertandingan. Futsal dimainkan dalam dua babak. Setiap babak berdurasi 20 menit. Waktu itu tidak termasuk saat bola mati atau pertandingan dihentikan untuk sementara karena insiden tertentu. Waktu yang habis dapat diperpanjang jika terjadi tendangan penalti atau tendangan bebas. Di antara kedua babak, terdapat waktu istirahat maksimal 15 menit.

Time-out
Tiap-tiap tim berhak mendapatkan satu kali time-out setiap babaknya. Lamanya time-out satu menit. Time-out diajukan oleh pelatih kepada wasit jika timnya sedang menguasai bola. Jika pada paruh babak pertama tidak mengambil jatah time-out, tim tidak berhak mendapatkan dua time-out di babak kedua.
Penentuan pemenang
Gol. Gol terjadi jika secara keseluruhan, bola melewati garis gawang di antara kedua tiang gawang dan di bawah mistar. Gol baru dianggap sah jika bola itu tidak dilempar, dibawa dengan tangan atau menyentuh tangan seorang pemain dari tim yang sedang menyerang. Dalam hal ini, kiper termasuk yang dilarang.
Tim pemenang. Tim yang dianggap menang adalah yang mencetak gol lebih banyak selama pertandingan. Jika kedua tim mencetak gol dalam jumlah yang sama atau samasekali tidak mencetak gol, pertandingan berakhir dengan kedudukan seri.
Aturan khusus
FIFA memberikan sejumlah kelonggaran untuk tiap-tiap kompetisi, apakah akan melakukan perpanjangan waktu atau prosedur lainnya untuk menentukan pemenang pertandingan.
Pelanggaran.Di pertandingan futsal, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh seorang pemain selama pertandingan. Ini menyangkut teknik dan nonteknik. Sebagai hukuman, kepada tim lawan akan diberikan tendangan bebas. Wasit memiliki kekuasaan mutlak untuk menentukan apakah yang dilakukan pemain termasuk jenis pelanggaran atau bukan.
Secara garis besar, ada dua jenis pelanggaran yakni pelanggaran berat dan ringan.
Pelanggaran berat:
* Menendang atau mencoba menendang lawan.
* Mengganjal atau mencoba mengganjal lawan.
* Melompat kepada lawan.
* Menyerang lawan, meski hanya menggunakan bahu.
* Memukul atau mencoba memukul lawan.
* Mendorong lawan.
* Memegangi lawan.
* Meludahi lawan.
* Memegang bola secara sengaja.
Pelanggaran ringan. Seorang kiper memegang bola dari rekan setimnya tanpa terlebih dulu disentuh lawan. Seorang kiper menguasai bola lebih dari empat detik, kecuali jika dia melakukan itu di daerah lawan.
Bermain dalam kategori membahayakan.
* Menghalang-halangi lawan yang tidak sedang menguasai bola.
* Mencegah kiper lawan melepaskan bola.
* Menyentuh bola dengan tangan secara tidak sengaja.

Kartu
Kartu kuning. Secara individu, seorang pemain yang melakukan pelanggaran akan diberi peringatan. Salah satunya berbentuk pemberian kartu kuning. Itu diberikan jika:
Pemain bersalah melakukan hal tidak sportif.
* Mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas.
* Tetap melakukan pelanggaran meski telah diberi peringatan.
* Mengulur-ngulur waktu dimulainya kembali pertandingan.
* Melanggar jarak saat tendangan hukuman berlangsung.
* Melanggar prosedur pergantian pemain.
* Sengaja meninggalkan lapangan tanpa seizin wasit.
Kartu merah. Seorang pemain yang diberikan kartu merah, diharuskan untuk meninggalkan lapangan pertandingan dan tidak diperbolehkan bermain lagi.
Kartu merah diberikan jika:
* Bersalah, bermain sangat kasar.
* Bersalah, berkelakuan kasar.
* Meludahi lawan atau orang lain.
* Menghalangi gol yang dibuat tim lawan dengan menggunakan tangan.
* Secara jelas menggagalkan secara ilegal kesempatan lawan untuk mencetak gol.
* Menggunakan kata-kata yang bersifat menghina.
* Menerima kartu kuning kedua.
Ketentuan khusus
Ada satu peraturan khusus yang sangat berbeda dengan sepak bola perihal kartu merah. Di futsal, tim yang pemainnya terkena kartu merah berhak memasukkan pemain pengganti dua menit setelah kartu merah diberikan, kecuali sebelum dua menit itu terjadi sebuah gol. Jika gol terjadi, maka wasit berpatokan pada ketentuan sebagai berikut:
* Jika posisi lima melawan empat pemain, dan tim dengan pemain lebih banyak mencetak gol sebelum dua menit, maka tim dengan jumlah pemain lebih sedikit berhak memasukkan pemain.
* Jika posisi empat lawan empat dan tercipta gol, pertandingan akan tetap dilanjutkan dengan jumlah itu.
* Jika posisi lima lawan tiga atau empat lawan tiga, dan tim dengan pemain lebih banyak mencetak gol sebelum dua menit, tim dengan tiga pemain hanya berhak memasukkan satu pemain tambahan.
* Jika posisi tiga lawan tiga dan tercipta gol, pertandingan akan tetap dilanjutkan dengan jumlah itu.
* Jika tim yang lebih sedikit mencetak gol sebelum dua menit, pertandingan dilakukan tanpa menambah jumlah pemain.
Tendangan Hukuman
TENDANGAN bebas tidak langsung. Tendangan ini diberikan kepada tim lawan, jika seorang pemain melakukan pelanggaran ringan. Tendangan diambil dari titik di mana pelanggaran terjadi. Jika terjadi di kotak penalti, maka tendangan diambil dari garis penalti terdekat. Gol dapat dicetak hanya jika bola sudah menyentuh pemain lain sebelum masuk gawang. Tim yang bertahan diperbolehkan membentuk dinding pertahanan dengan jarak minimal 5 meter dari bola.
Tendangan bebas langsung. Kondisi normal: Diberikan kepada tim lawan jika seorang pemain melakukan pelanggaran berat. Gol dapat langsung tercipta melalui tendangan ini. Tim yang bertahan diperbolehkan membentuk dinding pertahanan dengan jarak minimal 5 meter dari bola.
Akumulasi pelanggaran
Jika tim melakukan pelanggaran lebih dari lima kali setiap babaknya, maka tendangan bebas yang didapat tim lawan akan dikondisikan sebagai berikut:
* Tim yang bertahan tidak boleh membentuk dinding pertahanan. Mereka harus berada di belakang garis imajiner yang ditentukan wasit dan sejajar dengan garis gawang.
* Tendangan harus ditujukan langsung ke gawang, tidak boleh disodorkan ke pemain lain.
* Sebelum menyentuh penjaga gawang atau memantul dari tiang dan mistar gawang, pemain lain tidak boleh menyentuh bola.
* Tendangan tidak boleh diambil dengan jarak kurang dari 6 meter dari gawang. Jika itu terjadi di kotak penalti, maka tendangan diambil dari garis penalti terdekat.
* Jika pelanggaran keenam ini terjadi di daerah lawan atau di daerah sendiri antara titik penalti kedua dan garis tengah, maka tendangan bebas akan dilakukan dari titik penalti kedua.
* Jika pelanggaran keenam terjadi di daerah sendiri antara garis gawang dan titik penalti kedua di luar kotak penalti, maka tim yang mendapat tendangan bebas boleh memilih titik penalti kedua atau di tempat terjadinya pelanggaran.
Tendangan penalti
Diberikan kepada tim yang melakukan pelanggaran di dalam kotak penaltinya sendiri. Tendangan dilakukan dari titik penalti pertama. Gol dapat tercipta secara langsung dari tendangan ini. Selain penendang dan kiper lawan, pemain lainnya harus berada di luar kotak penalti.
Aturan khusus. Untuk tendangan penalti dan tendangan bebas langsung ketika lebih dari lima pelanggaran, berlaku ketentuan sebagai berikut:
* Ketika seorang pemain tim bertahan melakukan pelanggaran prosedur, maka tendangan akan diulang jika tidak tercipta gol dari tendangan itu. Tendangan tidak akan diulang jika tercipta gol.
* Ketika pemain sebuah tim yang melakukan tendangan membuat pelanggaran prosedur, maka tendangan akan diulang jika dari tendangan itu tercipta gol. Tendangan tidak akan diulang jika tidak tercipta gol.
Untuk tendangan bebas langsung dan tidak langsung, jika tim yang mendapat tendangan bebas melakukannya lebih dari 4 detik, maka wasit akan mengalihkan menjadi tendangan bebas tidak langsung bagi tim lawan.
Tendangan Memulai Pertandingan Kembali
Tendangan ke dalam. Pengganti lemparan ke dalam pada sepak bola. Tendangan ini diberikan jika bola melewati garis samping lapangan baik di tanah maupun udara. Gol tidak boleh langsung tercipta dari tendangan ini. Jika dilakukan lebih dari 4 detik, maka wasit akan mengalihkan menjadi tendangan bebas tidak langsung bagi tim lawan.
Tendangan gawang. Tendangan ini diberikan jika bola melewati garis gawang dengan sentuhan terakhir dilakukan oleh salah seorang pemain yang sedang menyerang. Tendangan diambil dari titik mana pun di dalam kotak penalti. Gol tidak boleh langsung tercipta dari tendangan ini. Jika dilakukan lebih dari 4 detik, maka wasit akan mengalihkan menjadi tendangan bebas tidak langsung di garis penalti bagi tim lawan.
Tendangan sudut. Tendangan ini diberikan jika bola melewati garis gawang dengan sentuhan terakhir dilakukan oleh salah seorang pemain yang sedang bertahan. Tendangan diambil di dalam busur sudut di sudut terdekat dari keluarnya bola. Gol boleh langsung tercipta dari tendangan ini, tetapi hanya ke gawang tim yang bertahan. Pemain bertahan harus berjarak minimal 5 meter dari bola. Jika tendangan dilakukan lebih dari 4 detik, maka wasit akan mengalihkan menjadi tendangan bebas tidak langsung di dalam busur sudut bagi tim lawan.




LAPANGAN FUTSAL

·         Lapangan Futsal Vinyl

Description: vinyl Jenis Lapangan Futsal
Jenis lapangan futsal ini adalah yang paling saya sukai. Karena bahannya yang empuk, membuat kita lebih mudah dalam melakukan aksi-aksi penyelamatan terutama yang suka dive. Jenis lapangan vinyl juga biasa disebut rubber karena bahan dasarnya menyerupai karet.
Permukaannya lembut karena bahannya terbuat dari sejenis karet.
Kelebihannya:
+ Alur bola terjamin karena tingkat kerataan lapangan dengan bahan ini cukup baik.
+ Karena terdiri dari beberapa lapisan membuat terasa empuk ketika melakukan dive.
Kekurangannya:
- Jika sudah berumur atau digunakan dalam waktu yang relatif  lama, maka akan ada bagian yang terlepas dan itu membuat lapangan menjadi tidak  rata.
- Daya cengkram lumayan baik, terutama jika menggunakan sepatu yang outsolenya terbuat dari karet murni akan memberikan daya cengram yang baik.
- Ketika melakukan rush terkadang bisa menyebabkan luka pada bagian paha atas dan pinggul

·         Lapangan Futsal Parquette

Description: parquette Jenis Lapangan Futsal
Lapangan futsal jenis ini lebih populer di daerah Eropa dan Amerika Latin namun tidak di Indonesia. Material lapangan ini sendiri terbuat dari kayu, material jenis ini sudah cukup lama digunakan dan biasa di GOR.
Salah satu lapangan futsal parquette yang saya tahu adalah di Bulungan, Blok M itupun saya terakhir kali bermain disana ketika SMA.
Kelebihannya:
+ Permukaan tergolong yang paling kesat. Sehingga tidaklah licin ketika berlari di atasnya.
+ Kerataan jenis lapangan ini sangatlah baik, sehingga membuat laju bola juga lancar ketika bergulir di atasnya.
Kekurangannya:
- Jenis lapangan ini memiliki tingkat yang paling keras jika dibanding dengan jenis lapangan futsal lainnya karena terbuat dari kayu.
- Membutuhkan perawatan yang ekstra, karena mudah rusak yang disebabkan faktor cuaca dan tingkat kelembapan
- Jika sudah mulai rusak, cukup berbahaya. Karena sekat-sekat antara satu potongan kayu dengan yang lain akan ada yang timbul kepermukaan, dan ini berbahya bagi kiper futsal, terlebih akan menganggu alur laju bola.

·         Lapangan Futsal Taraflex

Description: teraflex Jenis Lapangan Futsal
Untuk lapangan jenis ini saya masih belum tahu seperti apa, karena saya belum pernah bermain di jenis lapangan ini. Padatabloid soccer dijelaskan, jenis lapangan ini terbuat daripolyethylen.
Material yang terbuat dari biji plastik yang diolah hingga menjadi bahan yang keras. Karenanya lapangan dengan jenis ini memiliki keawetan yang cukup apik.

Kelebihannya:
+ Tingkat kerataan dari permukaan lapangan yang bagus menyebabkan aliran bola menjadi lancar.
+ Permukaan tidak licin.
Kekurangannya:
- Karena bahannya terdiri dari beberapa bagian lapisan dan terkadang dijumpai permukaan yang tidak rata yang dikarenakan ada lapisan permukaan yang terlepas.

·         Lapangan Futsal Karpet Plastik

Description: karpet plastik Jenis Lapangan FutsalPada awalnya saya mengira lapangan jenis ini merupakanlapangan futsal jenis taraflex, namun ternyata berbeda.
Meskipun memiliki bahan dasar yang sama dengan jenis lapangan taraflex, yaitu polyethyle. Yang menjadi pembeda adalahlapangan futsal dengan jenis ini terdiri dari banyak lembaran yang bisa di bongkar pasang.
Hal itulah yang membuat lapangan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena mudah dipindah tempatkan serta memiliki tingkat awet yang lama.

Kelebihannya:
+ Permukaan tidak licin dan relatif kesat.
+ Jarang ditemui adanya permukaan yang tidak rata yang disebabkan adanya lapisan yang terlepas.
Kekurangannya:
- Jika dibandingan dengan vinyl, parquette, dan taraflex jenis lapangan ini tidaklah terlalu rata. Karena terdiri dari banyak lembaran-lembaran.
Ada 2 Jenis lapangan lain yang sering kita jumpai dan belum saya sebutkan, yaitu Rumput Sintetis dan Semen/Peluran. Namun jika merunut pada aturan dasar futsal, kedua lapangan jenis ini tidaklah masuk ke dalam jenis lapangan untuk futsal.

·         Rumput Sintetis

Description: sintetis Jenis Lapangan Futsal
Lapangan jenis ini sejatinya diperuntukkan untuk indoor soccerbukan futsal. Lapangan jenis ini bukanlah untuk tujuan prestasi namun hanya untuk fun. Namun peminat lapangan jenis ini di Indonesia malah banyak.

Kelebihannya:
+ Dengan material rumput sintetis membuat lapangan jenis ini lembut dan empuk untuk melakukan dive.
+ Bola lebih mudah dikuasai karena aliran bola tidaklah cepat.
Kekurangannya:
- Mudah menyebabkan kulit terluka jika terjatuh. Terlebih lagi jika tidak menggunakan perlengkapan sepertikneepad dan elbowpad.
- Bukan termasuk futsal, tetapi indoor soccer.

·         Semen

Description: Semen 300x199 Jenis Lapangan Futsal
Lapangan jenis ini mudah ditemui terutama di daerah pinggiran kota besar. Hal ini dikarenakan nilainya yang ekonomis serta daya tahan yang lama. Contoh jenis lapangan semen/peluran bisa ditemui di Taman Menteng, atau di Monas.


Kelebihannya:
+ Perwatannya mudah malah cenderung tidak memerlukan perawatan khusus.
+ Tingkat kerataan bagus dan aliran bola lancar.

Kekurangannya:
- Permukaannya keras, dan rentan menyebabkan cedera.
- Ketika basah bisa menjadi sangat licin
Dari sekian banyak lapangan yang pernah saya coba saya paling menyukai lapangan jenis vinyl, karena lapangan yang relatif kesat serta lumayan empuk, membuat saya nyaman jika bermain pada lapangan futsal jenis seperti ini
Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan.

Description: Futebol Salao Pan2007.jpg








 Strategi Bermain Futsal Formasi Bertahan

Futsal turut juga dikenali dengan berbagai nama lain. Istilah "futsal" adalah istilah internasionalnya, berasal dari kata Spanyol atau Portugis,futbol dan sala.

Langsung aja, utk pertama ane bakal ngebahas DEFEND 2 2 dalam futsal, klo di sepak bola konvensional kan ada tuh 4 4 2, 3 5 2, 4 3 3..dll. kali ini ane bahas dulu DEFEND 2 2. dalam DEFEND 2 2 ini kita bertahan dengan posisi ZONA atau posisi menunggu, jadi kita tidak disarankan merebut bola melainkan kita menunggu lawan melakukan kesalahan atau jika lawan dalam keadaan lengah baru kita rebut dehh,,ni penampakan defend nya.
Description: http://3.bp.blogspot.com/_5lKDt-9dQcY/TUIFWMBlAsI/AAAAAAAAABI/nXprtS2zvcU/s400/tanpabola.jpgDEFEND 2-2














Pemain Defend hanya menunggu lawan melakukan kesalahan tanpa mengurangi konsentrasi bertahan (paling tidak jarak kita ke lawan 1 langkah saja)

Defend saat posisi bola di kiri
Description: http://1.bp.blogspot.com/_5lKDt-9dQcY/TUIFn47p-pI/AAAAAAAAABM/tIgf0CaNGiM/s400/bolakiri.jpg


Pada saat posisi bola di kiri pertahanan, pergerakan yang berubah hanya pemain B (liat gambar) dan mengabaikan pemain F krn terlalu jauh dari gawang (tidak berbahaya), pemain B agak masuk ke dalam untuk menutup TRUE PASS (passing langsung) pemain E kepada pemain H







Defend saat posisi bola di kanan 
Description: http://1.bp.blogspot.com/_5lKDt-9dQcY/TUIF42eXVxI/AAAAAAAAABQ/bdMGkypZfiA/s400/BOLAKANAN.jpg


sama halnya seperti di atas, Pada saat posisi bola di kanan pertahanan, pergerakan yang berubah hanya pemain A (liat gambar) dan mengabaikan pemain E krn jauh dari gawang (tidak berbahaya), pemain A agak masuk ke dalam untuk menutup TRUE PASS (passing langsung) pemain F kepada pemain G  

  
Pergerakan defend saat bola di kiri dan saat bola di kanan ini dilakukan terus berulang-ulang jika hanya pemain E passing ke pemain F, sebaliknya pemain F passing ke pemain E





Description: http://3.bp.blogspot.com/_5lKDt-9dQcY/TUIGUoby1PI/AAAAAAAAABU/r1fe9siiS3A/s400/pas2.jpg

Description: http://1.bp.blogspot.com/_5lKDt-9dQcY/TUIGe-xw_bI/AAAAAAAAABY/ZEXZn5dUT1E/s400/pas1.jpg











Defend saat posisi bola masuk daerah pertahanan sebelah kiri

Description: http://3.bp.blogspot.com/_5lKDt-9dQcY/TUIGu_rAiTI/AAAAAAAAABc/hdviXkKXDNo/s400/MASUKKIRI.jpg


Pada saat posisi bola masuk daerah pertahanan sebelah kiri, pergerakan pemain A, B, D berubah (liat gambar), pemain A masuk ke dalam untuk menutup/mengunci pemain G agar tidak bisa passing ke pemain F/H, pemain B agak masuk kedalam mempersempit pemain G untuk melakukan passing dan juga menutup pergerakan pemain F, pemain D juga agak masuk ke dalam mempersempit pemain G untuk melakukan passing dan juga menutup pergerakan pemain H.






Defend saat posisi bola masuk daerah pertahanan sebelah kanan

Description: http://3.bp.blogspot.com/_5lKDt-9dQcY/TUIHAVkuNCI/AAAAAAAAABg/P2ohOZmuLS8/s400/MASUKKANAN.jpg


 sama hal nya di atas, Pada saat posisi bola masuk daerah pertahanan sebelah kiri, pergerakan pemain A, B, C berubah (liat gambar), pemain B masuk ke dalam untuk menutup/mengunci pemain H agar tidak bisa passing ke pemain E/G, pemain A agak masuk kedalam mempersempit pemain H untuk melakukan passing dan juga menutup pergerakan pemain E, pemain C juga agak masuk ke dalam mempersempit pemain H untuk melakukan passing dan juga menutup pergerakan pemain G






Posisi badan saat defend 

Description: http://3.bp.blogspot.com/_5lKDt-9dQcY/TUIHTi0O_QI/AAAAAAAAABk/MO6juvXM4B8/s320/defdef.jpg


posisi badan seperti inilah yang disarankan (tergantung cara orang defend sih..suka beda-beda,hehe). kenapa posisi badannya seperti itu??? tujuannya cuma 1, membuang lawan ke garis. maksudnya...dgn posisi badan seperti itu kita bisa melihat pergerakan lawan 99%..mau apa dia???akan melakukan apa dia?? kita pasti tau semuanya...semakin dia diam saja dekat garis, semakin dia tidak bisa berbuat apa-apa



* SELESAI *





Tidak ada komentar:

Posting Komentar